Sabtu, 23 Agustus 2014

Pernytaan Sikap atas Limbah PT PSJ



PERNYATAAN SIKAP
ALIANSI MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN
KABUPATEN PELALAWAN

Kami menamakan diri Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Kabupaten Pelalawan terdiri dari berbagai lembaga dari unsur mahasiswa, pemuda dan masyarakat umum. Dengan ini membulatkan tekad untuk memperjuangkan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

PT.Peputra Supra Jaya (PT.PSJ) telah merampas hak masyarakat atas lingkungan hidup Yang baik dan sehat sejak beroperasinya pabrik kelapa sawit milik perusahaan tersebut di Kecamatan Langgam. Pada prakteknya PT.Peputra Supra Jaya membuang limbah secara serampangan ke sungai-sungai yang mengalir. Akibatnya, terjadi kerusakan ekosistem sungai. Keanekaragaman hayati punah dan masyarakat sama sekali tidak dapat memanfaatkan sungai.

PT.Peputra Supra Jaya telah menjalankan praktek industri yang tidak ramah lingkungan secara terang-terangan. Mereka melakukan apa yang sudah dilarang Undang-Undang sebagaimana tercantum dalam Pasal 69 huruf (e), UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. “Membuang limbah ke media lingkungan hidup”

Kejahatan lingkungan yang telah dilakukan PT.Peputra Supra Jaya dapat dijerat dengan ketentuan pidana yang tercantum dalam pasal 98 angka (1) dengan hukuman maksimal penjara 10 tahun dan denda Rp 10 miliar. Bahkan kalau sendainya perusahaan mengaku pencemaran lingkungan tersebut terjadi karena kelalaian, ketentuan pidana juga berlaku sesuai pasal 99 angka (1) dengan hukuman penjara 3 tahun dan denda Rp 3 miliar.

Pada hari ini kami ingin meminta kembali hak kami atas lingkungan hidup yang telah dirampas dan dicemari. Maka, dengan ini kami menuntut:

1. Operasional PKS PT.Peputra Supra Jaya dihentikan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan yang meluas.

2.   Meminta PT.Peputra Supra Jaya melakukan rehabilitasi lingkungan.

3. Meminta pemerintah mencabut izin PT.Peputra Supra Jaya yang telah melakukan pencemaran lingkungan.

Demikian tuntutan kami agar diperhatikan oleh semua pihak. Bukan retorika dan segunung penjelasan yang kami butuhkan, melainkan komitmen PT.Peputra Supra Jaya atas lingkungan yang baik dan sehat.

Pangkalan Gondai, 21 Agustus 2014
Diketahui,
Koordinator Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan
Kabupaten Pelalawan

Jamaran